Pentingnya Pendidikan

pentingnya pendidikan silvafauziah blog

Selamat hari pendidikan!

Sempat hampir lupa kalau hari ini tanggal 2 Mei, Hari Pendidikan Nasional. Hari gini masih adakah yang beranggapan pendidikan nggak penting? Terlepas dari keadaan yang memaksa pendidikan jadi barang mewah karena prioritas utama adalah bertahan hidup, sepertinya hampir semua setuju kalau pendidikan itu penting. Kalau masih ada orang yang sebenarnya mampu dan diberi kesempatan untuk mengenyam pendidikan tapi memilih nggak sekolah dengan alasan “Ah nggak penting… banyak orang nggak sekolah tinggi juga bisa sukses.” Ya iyaaa… Sekolah sampai pascasarjana dan belum berhasil dibilang sukses juga ada aja. Lagian definisi sukses juga bisa berbeda setiap orang. Tapi yang namanya belajar itu nggak pernah ada ruginya. Percaya deh! *nge-gas*

Kalau ngomongin pendidikan di Indonesia yang berpenduduk lebih dari 260juta ini, memang saat ini belum bisa dibilang kita unggulan di tingkat Asia Tenggara apalagi dunia. Banyak hal yang terkait, mulai dari jumlah dan kapasitas sekolah, kualifikasi guru, serta sarana prasarana lain yang mendukung proses belajar. Selain sarana prasarana, bagaimana partisipasi penduduk untuk bersekolah? Kegiatan belajarnya seperti apa, target hasilnya bagaimana… Semua itu pastinya masih terus diupayakan agar semakin baik oleh pemerintah dan pelaku usaha di bidang pendidikan. yang penting dari kita sebagai penduduk Indonesia, ada kesepakatan dulu kalau pendidikan itu penting dan kita mau belajar, ingin sekolah sampai jenjang tertinggi yang kita mau dan mampu.

Kenapa sih pendidikan itu penting?

  • Pendidikan bisa memperbaiki tingkat ekonomi. Ini kalau dipikir-pikir seperti ayam sama telur. Ibaratnya, gimana mau sekolah untuk memperbaiki tingkat ekonomi ya kalau biaya untuk sekolahnya nggak ada. Harus ada uang dulu dong buat sekolah? Terus kalau misal keadaan ekonomi nggak meningkat sehingga merasa nggak sanggup sekolah, kapan rantai itu akan terputus? Kembali lagi ke YANG PENTING KITA MAU DAN INGIN dulu untuk sekolah. Katanya, if there is a will, there is a way. Udah banyak kisah inspiratif orang yang meraih pendidikan tinggi dengan beasiswa dan kerja keras. Karena untuk dapetin pekerjaan yang menjanjikan juga dituntut pendidikan dengan jenjang tertentu.
  • Pendidikan bisa memperbaiki kualitas diri seseorang. Kualitas bagaimana? Ya jadi lebih berwawasan akan ilmu pengetahuan, kondisi sosial masyarakat, pengembangan karakter, dsb. Sekali lagi, belajar itu nggak pernah ada ruginya.
  • Pendidikan bisa membuat orang lebih mandiri dan cakap dalam mengambil keputusan. Karena dengan banyak pengetahuan dan wawasan, seseorang jadi punya banyak sumber ilmu untuk hidup dan banyak input yang bisa diolah dalam mempertimbangkan sesuatu atau mengambil keputusan.

Jadi buat semua generasi muda dan para orang tua, jangan bosen yuk encourage diri sendiri dan keluarga/lingkungan kita untuk sekolah, belajar… Karena kalau hanya bergantung sama keberuntungan tuh siapa yang tau keberuntungan kita sampai mana? Kan harus ikhtiar dan berdoa dulu atuh sebelum pasrah aja menunggu nasib selanjutnya mau dibawa ke mana. *mendadak sedikit Sunda*

Sekali lagi, selamat hari pendidikan! 🙂

silvafauziah