Baca Ini Dulu Sebelum ke Big Bad Wolf 2017 Jakarta

vip ticket bbw

Haii… para pecinta buku atau book hunters! Udah tau belum kalau sekarang lagi ada pameran buku besar-besaran yang menghadirkan 5 juta buku? Iya bok, 5 juta buku yang digelar di Big Bad Wolf (BBW) Book Sale 2017 Jakarta. Nggak Jakarta banget sih, soalnya acaranya di Indonesian Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang. hehe… Tapi ICE itu sekarang adalah convention hall terbesar di Jabodetabek. Jadi jangan heran kalau banyak acara-acara seperti pameran, pertunjukan atau konser, seringnya diadain di sana. Nah, buat yang baru mau ke BBW, yuk baca dulu info lengkap sekaligus tips and trick ke BBW! πŸ˜‰

Sebenernya apa sihΒ Big Bad Wolf (BBW) itu? BBW adalah pameran buku besar-besaran yang awal mulanya ada di Malaysia. BBW pertama kali ada di Indonesia, lebih tepatnya Jakarta, tahun 2015. Jadi tahun ini adalah tahun ketiga BBW diadakan di Indonesia. Sebelumnya sempet ada juga tuh BBW di Surabaya. Berhubung tahun ini tempat saya bekerja, Bank Mandiri, jadi official bank partner lagi untuk BBW, saya berkesempatan untuk hadir di preview BBW, yaitu H-1 sebelum pameran dibuka untuk umum. Preview BBW ini hanya untuk pemegang tiket VIP dan hanya berlangsung satu hari aja di tanggal 20 April 2017 kemarin.

BBW 2017 Jakarta ini sendiri berlangsung dari 21 April 2017 (dibuka jam 09.00 WIB) dan terus dibuka selama 24 jam non stop sampai dengan tanggal 2 Mei 2017. Tau nggak sih acara preview BBW kemarin yang dibuka dari jam 09.00 s.d. 23.00 WIB rame bangeeett… Sampe antrian di kasih baru selesai sekitar jam setengah 3 pagi. Gilaaa… Wah, rame banget dong? Iya, BBW emang selalu rame banget. Gimana nggak, buku-bukunya itu bagus-bagus dari lokal sampe internasional. Harganya jauh lebih murah dibanding kita beli di toko buku langsung. Diskonnya sampai 80%. Tapi tenang aja, walaupun rame banget yang dateng, kita tetep bisa nyaman liat dan pilih-pilih buku kok. Soalnya areanya luas, dari hall 7 s.d. hall 10. Masuknya bisa dari hall 7 atau 8, nanti pintu keluarnya di hall 10. Buku-bukunya pun udah dikategoriin, misal children book (yang paling laris), agama, fiksi, non fiksi, dsb. Nama per kategori tertulis besaarr di hanging alley yang gampang banget kita liat.

belanja di bbw 2017 jakartaSebenernya yang banyak dikeluhkan orang yang dateng ke BBW adalah soal antrian, terutama antrian kasir. Temen saya semalem sampe ada yang antri kasir 4 jam. Tapi pas masih pagi baru-baru dibuka, saya sempet pilih-pilih buku dengan tenang dan damai lalu melenggang ke kasir tanpa antrian sama sekali. Itu kayaknya sebelum jam 10 pagi saya udah di kasir sementara pengunjung yang lain masih asik pilih-pilih buku. Nah, buat yang hari ini atau besok-besok berencana ke BBW, saya kasih tips and trick supaya belanja puas di BBW yaa…

  1. BBW buka selama 24 jam, tapi pilih-pilih waktu supaya nggak kejebak di antrian yang parah. Better ke BBW saat weekdays dan pagi-pagi atau menjelang siang. Siang-sorean dikit udah makin rame. Kalau nggak bisa di jam kerja (pagi-sore) mending datengnya malem sekalian. Malem di sini maksudnya beneran malem di atas jam 12 malem ya… Kalau perlu sepertiga malam terakhir deh sambil numpang shalat tahajud di ICE. :)) Atau kalau mau abis shalat Subuh (bagi yang muslim) langsung cuss ke BBW.
  2. ICE jauh dari rumah maupun kantor, jadi bisanya weekend aja? Yaudah gapapa… Tapi mesti siapin kesabaran yang lebih yaa… Jam-jam strategis biasanya di sekitaran dini hari atau waktu Subuh gitu. Long weekend ini bisa dua kemungkinan sih… Makin rame karena libur agak panjang atau lebih sepi karena orang-orang udah rencana keluar kota.
  3. Ke BBW percuma kalau cuma beli buku sedikit. Nggak sebanding shaay sama jauhnya perjalanan ke BSD dan antri kasirnya. Jadi sekalian aja beli banyak buku untuk persediaan setahun atau stock kado. Dan memang mostly yang beli buku di BBW itu kelas kakap semua. Nggak cuma nenteng satu plastik kayak saya tapi bawa ransel, koper, bahkan bawa troli besar dari rumah.
  4. Sebelum dateng ke BBW, pastikan perut udah kenyang. Jangan sampe abis waktu buat antri makan dulu. Iya, di dalam hall 7 ada area food court yang ada beberapa food truck gitu, tapi antri juga. Antri pesan, antri bayar di kasir, dan antri lagi ambil makanan. Kalau bisa bakal bekel cemilan dan minuman deh… Just in case kelaperan.
  5. Kalau bawa anak gimana? Bisa banget… Deket area food court di hall 7, ada area bermain anak yang lumayan luas. Tapi pastikan ada yang jagain anak main ya, jangan ditinggal.
  6. ICE BSD City ini ternyata jauh dari pusat kota Jakarta, apalagi dari Bekasi. Jadi perhatikan jarak tempuh ke lokasi. Waktu kemarin pagi saya berangkat ke ICE, dari rumah (Bekasi Barat) saya berangkat jam 06.30an. Naik KRL/Commuterline dari Stasiun Cakung jam 7 kurang, turun di stasiun Manggarai untuk transit dan ambil KRL jurusan Tanah Abang, lalu di Tanah Abang transit lagi dan ambil KRL jurusan Serpong. Sesuai saran temen, saya turun di stasiun Rawabuntu. Dari situ gampang banget cari ojek atau taksi ke lokasi. Kurang lebih cuma 10 menit aja. Saya pakai Gojek dan cuma kena ongkos 9ribu, udah bisa turun di depan hall 8 ICE jam 8an. Sebenernya stasiun terdekat ICE sih Cisauk, tapi nggak tau ya aksesnya gimana, saya belum pernah coba. Pulang dari ICE ke daerah Thamrin saya naik mobil. Perjalanannya 2 jam itu pun itungannya belum macet parah.
  7. Buat yang bawa mobil sendiri, hindari jam-jam sibuk dan weekend. Antrian masuknya pasti menguji kesabaran. Tapi di lokasi disediakan juga fasilitas valley parking sih…
  8. Jangan datang ke BBW sendirian. Untuk efisiensi waktu, buatlah tim. Misal begitu sampe lokasi, 1 orang udah langsung jadi joki antrian kasir, sisanya sebar deh tuh pilih-pilih buku. Biar selesai pilih-pilih buku, antrian kasir udah deket. Karena pengalaman, yang dikeluhkan adalah antrian kasir yang lama. Tapi selain antrian kasir biasa, ada juga fast track line untuk pembayaran di kasir. Jadi nggak ikut mengular di antrian kasir, tapi ada satu jalur khusus yang bisa potong akses ke kasir. Cara dapetin fast track line dengan tukar fiestapoin (fp) di booth Bank Mandiri yang ada di arah ke kasir. Karena tukar fp, jadi harus punya kartu mandiri debit atau mandiri kartu kredit. Buat yang belum jadi nasabah Bank Mandiri, bisa juga apply mandiri kartu kredit di lokasi untuk dapetin fast track line di kasir.
  9. Semua pembayaran menggunakan kartu mandiri atau cash. Jadi persiapkan juga kartu atau uang yang buat bayar ya… Karena di hall 7-10 itu setau saya nggak ada ATM. Daripada repot cari-cari ATM, siapin uang dan list belanjaan sebelum ke BBW. Dan kalau bayarnya pakai kartu mandiri debit atau mandiri kartu kredit, kalian bisa dapet potongan harga 20% dengan tukar fiestapoin dan cash voucher BBW (max 300ribu) untuk pembelanjaan berikutnya yang bisa ditukarkan di booth Bank Mandiri di belakang kasir dengan menunjukkan struk belanjaan. Cash voucher BBW ini hanya bisa dipakai untuk membeli buku di acara BBW aja. Yang punya mandiri kartu kredit juga bisa pakai fitur cicilan 0% hingga 6 bulan.
  10. Oiya, masuk ke BBW ini nggak pake bayar tiket ya… Gratis tinggal masuk aja.
  11. Last but not least, tetep sediain stock sabar sih… Karena namanya pameran besar-besaran gini pasti jadi inceran banyak orang. Demi deh demiii…

cash voucher BBWWorth it nggak sih ke BBW dengan segala macem tantangan lokasi dan antriannya? Still, worth it banget apalagi buat kalian para book hunters. Makanya beli banyak buku sekalian biar kebayar lelah perjalanan dan antriannya. Harga buku mulai ribuan sampai ratusan ribu. Tapi yang pasti jauh lebih murah darripada harga di toko. Nah, biar makin semangat lagi pergi ke BBW-nya, saya mau bagi-bagi 8 cash voucher BBW @50ribu ke 2 orang nih… Jadi masing-masing dapet cash voucher 200rb yang akan saya kirim ke alamat pemenang HARI INI. Kenapa cuma sampai hari ini? Biar long weekend langsung belanjaa… Gimana caranya?

Ceritakan tentang event BBW dan kesukaan kalian sama buku di blog post atau Instagram atau Facebook (disertai foto ya kalau di FB) dengan menyertakan hastag #mandiriBBW, danΒ  comment blog post ini beserta link postingan kalian.

Di jam 16.00 WIB nanti, saya akan pilih 2 pemenang yang berhak mendapatkan cash voucher masing-masing 200ribu, dan langsung saya kirim via JNE/Gojek ke lamat pemenang. Hayooo buruaannn!

Update 28 April 2017:

Antrian kasir kabarnya sudah manusiawi, situasi kondusif, dan ada tambahan buku-buku baru! Yeaayy….

silvafauziah

Author: Silva

A long distance wife, working mom, and breastfeeding mother who's eager to learn more about raising a kid. Live today with passion and plan tomorrow with mission. Contact: silva.fauziah@gmail.com

38 thoughts on “Baca Ini Dulu Sebelum ke Big Bad Wolf 2017 Jakarta”

  1. Thank you so much mbak! πŸ™‚ Mau nanya recomend ga sih bawa bayi? Hmmm stroller ga bisa masuk yaa? Better bawa gendongan kah? Ga ada ruang laktasi juga ya? Hahaha *banyak maunya* Thank you!

    Like

    1. Bayi-nya umur berapa? Cukup kondusif sih… Karena ruangan ber-AC, luas nggak berdesakan. Yang penting ada yang jagain, pastiin makanannya juga kalau udah MPASI. Ruang laktasi kayaknya nggak ada, cuma toilet aja. Tapi di bagian pinggiran2 bisa lah melipir ke tembok dan nyusuin pakai nursing cover πŸ˜‰
      Justru better bawa stroller dariapa gendongan. Ibu dan anak sama-sama nyaman, plus bisa buat tambahan bawa buku juga kan raknya. hehe… Jangankan stroller, troli gede aja boleh masuk MBa πŸ˜€

      Like

  2. Serru banged pasti yaa acaranya..

    Sebenernya dari tahun lalu pengen banged dateng ke BBW, tapi karna lokasinya yg cukup jauh jadi belum kesampean dech datang ke sana.

    Moga kali ini bisa datang ke sana.

    Like

  3. Mak silvaaa.. aku ikutan yaa. Postingan di instagram.. ini linknya.

    Saya tahu tentang adanya Big Bad Wolf dari teman-teman forum buku. Ada kabar kalau di Jakarta akan diadakan juga seperti yang di Malaysia dan yang bikin kaget belanja buku bawanya koper! Hah! Seriusan itu? Saya awalnya juga enggak percaya soal bawa koper ini. Akan tetapi, setelah saya datang sendiri di Big Bad Wolf 2016 lalu saya percaya benar bahwa perlu bawa koper kalau belanja di BBW. Hahaa… Bayangkan saja, jutaan buku bertumpuk dalam satu hall besar yang bikin saya jaw drop! Saya dan suami itu termasuk pecinta dan pembaca buku, ya buku, apapun genre-nya. Setelah masuk hall BBW kami pun terpisah, masing-masing sibuk mencari buku-buku yang bagus, yang keren dan yang bikin pengen dibeli buat koleksi hahah. *Dasar otak buku gini nih wkwk. Sebelum berkeluarga saya tentu mengutamakan kebutuhan belanja buku untuk saya sendiri. Akan tetapi, setelah punya anak saya malah inginnya nambah koleksi buku untuk anak saya. Meskipun usianya baru 27 bulan sejak bayi sudah kami biasakan membacakan buku untuknya. Buku yang dibeli dari BBW tahun lalu pun menjadi buku kesukaan anak saya. Sekarang setiap mau tidur anak saya selalu minta dibacakan buku. Anaknya mah enggak ngantuk malah ibunnya yang ngantuk-ngantuk bacain, wkwkw. Duh, kalau ke BBW nanti pasti yang saya incar buku-buku di rak buku anak. Saking inginnya pengen beli semua rasanya, hahaa.. Tetapi, akal tidak boleh kalah sama keinginan. Saya harus memprioritaskan mana buku yang dibutuhkan dan penting untuk dibeli di BBW agar tidak boros saat belanja. Tetapi, sungguh BBW bagi saya adalah surga. Surga para pembaca buku yang mencintai buku sepenuh hati hingga ingin buah hatinya pun ikut mencintai buku. Sebab mencintai buku berarti mencintai pengetahuan, imajinasi dan sastra. #booklovers #mandiriBBW #mandiriBBW2017 #bibliophiliafamily #bookstagram #bookaddict

    A post shared by Shiva Devy (@shivasyif) on

    Like

      1. Pagi lengang karena masih pada sibuk pilah pilih buku kali yaaa…. Weekend besok pasti rraaameeenya rrruaaarr biasssaaa secara seninnya libur juga kaaan….. perlu banyak pembenahan siih terutama dari segi antrian, mestinya dibedain antara yg jastip dgn yg reguler banyak dan reguler dikit… dan ada pembatasan pembelanjaan jumlah buku utk jastip supaya yg lain kebagian..

        Like

      2. Setujuu Mba.. Mestinya pembelanjaan di atas nominal tertentu, antriannya sendiri. Dan pembayaran cash juga dibatasi. Kemarin katanya ada yang bayar cash sampe 80 juta :((

        Like

  4. Mba siiil aku ikutaaan aaaah

    Saya tuh bookzilla! Sukaa banget sama yg namanya baca buku. Dulu kalau lagi BT larinya ke Gramedia atau toko buku lainnya trs baca aja buku atau komik disitu. Seharian gak berasa dan gratis juga. Maklum dulu mahasiswa kere. Sekarang ingin banget menularkan virus membaca buku ke Arsyad. Sebelum ia lahir bahkan saya sudah stok beberapa buku untuk saya bacakan. . Kemarin seneeeng banget bisa datemg ke preview @bigbadwolfbooks_id . . Tips buat yg mau ke BBW jangan lupa bawa debit, CC Mandiri biar dapet cashback voucher, jangan lupa redeem fiesta point senilai 100 nanti akan mendapatkan fast track kasir (lumayan memangkas waktu antrian), jangan lupa mampir booth bank mandiri buat tuker lagi fiesta point dengan berbagai tawaran yg cukup menarik (mainan,buku,dan lainnya) . Untuk yg mau membawa anak, sebaiknya siapkan asisten utk mengasuh atau menjaganya. Alhamdulillah tahun ini BBW menyediakan playground dan foodtruck di dalam area hall, ambil buku yg dirasa menarik dan menjadi incaran. Troli penuh? Ndak papa jalanlah sesuai hati nurani mengeliling hall 7,8,9,10 yg mayoritas dipenuhi dgn buku anak2, ketika mau membayar sortir buku terlebih dahulu (saya 2x sortir, maklum lagi2 budgetlah yg menentukan), hmmm apalagi ya? Malas bawa mobil? Tenang ada booth grab yg siap sedia melayani, ohya jangan lupa bawa koper kalau memang dirasa belanjaanya banyak. . Buat yg belum beruntung bs dtg ke preview bbw jangan sedih gaes. Hari ini BBW dibuka 24 jam sampai 2 Mei 2017. Takut keabisan buku? Jangan khawatir lagi gaes karena bukunya diupdate terus. Bayangin aja ada 5juta buku (kuseperti bertemu dengan taman penuh bunga2 😍😍). . Tips waktu datang ke bbw dengan antrian yg tidak begitu padat. Kalau pagi ya pagi sekalian atau saat weekdays 😁 . Rasanya belum puas kemarin milih2nya, saya sampai lupa beli buku untuk diri saya sendiri krn terlalu fokus ke buku anak2. . Semoga bisa segera kembali mengunjungi @bigbadwolfbooks_id . Thank you @official.bankmandiri Dan @silvafauziah . #MandiriBBW #bigbadwolf #bigbadwolfJakarta #bbw2017

    A post shared by ayu anggarini (@ayuanggarini) on

    Like

  5. Haaii semua… Flash giveaway ini sudah ditutup tadi jam 16.00 WIB yaa…
    Maaf pengumumannya ngaret.
    Saya mau umumin, yang menang adalah:
    1. Kidung Ardha.
    2. Faradila D Putri

    Selamaaattt :*

    Like

    1. Hai Mba Minda… Kalau weekdays 100 fp, weekend 150 fp. Kalau pas lagi rame sih antri panjang juga, tapi yang pasti nggak selama yang antrian biasa. πŸ™‚

      Like

  6. Mbak, itu cash voucher nya ketentuannya apa aja ya? boleh difotoin lebih jelas? Soalnya pengen banget dapet voucher nya πŸ™‚

    Like

    1. Untuk dapetin cash vouchernya di event BB, bisa melakukan pembelanjaan dulu dengan mandiri debit (weekend only) dan mandiri kartu kredit. Untuk pembelanjaan 2 juta, bisa dapet cash voucher 200ribu yang bisa dipake di pembelanjaan berikutnya.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s