Perjalanan Terbaik untuk yang Teristimewa Bersama Prenagen dan Hallo Bumil

terbaik untuk yang teristimewa

Masa kehamilan merupakan moment penting bagi setiap keluarga, terutama calon ibu. Akan lebih ‘sakral’ lagi kalau kehamilan anak pertama. Saya masih ingat masa-masa sembilan bulan mengandung anak pertama saya, Aqila. Bener-bener pengalaman pertama yang mengagumkan. Saya dibuat takjub dengan moment-moment kecil yang saya alami. Baik buruk, susah senang, semuanya terasa mengagumkan buat saya. Hal itu berkat dukungan support system di sekitar saya dan tentunya persiapan yang saya lakukan.

Prenagen Pregnancy Educational Journey (PPEJ) – Siapkan Awal Kehidupan Terbaik Si Kecil & Launch Pregnancy Apps

prenagen pregnancy educational journey jakarta

Sabtu (8/4) lalu saya dateng di acara PPEJ 2017 yang diadakan di Pullman Hotel, Central Park Jakarta dari pagi sampai siang. Ini adalah kali pertama saya dateng di acara PPEJ yang ternyata udah pernah diadakan dari tahun-tahun sebelumnya. Jam 08.30 saya sampai lokasi, ternyata udah rame banget. Sempet kaget acara PPEJ ini nggak cuma talkshow, tapi juga banyak kegiatan lainnya, seperti booth konsultasi gratis tentang kandungan dan persalinan dengan dokter ahli, photobooth, booth nutrisi ibu hamil dan menyusui, desk tim Hallo Bumil dan Kalbe, serta tentunya booth Prenagen yang menampilkan sekaligus menjual produk-produk Prenagen. Bisa icip-icip juga lho… Lumayan saya jadi ngerasain susu Prenagen rasa kacang hijau yang ternyata enak banget dan nyobain varian baru Prenagen juice untuk pertama kali.

PPEJ 2017 Jakarta

Ada beberapa narasumber yang mengisi sesi talkshow interaktif yang dipandu oleh Mona Ratuliu, diantaranya dr. Boy Abidin , SpOG (K), dr. Herbowo AF Soetomenggolo, SpA ( K ), dan tim dari Prenagen. dr. Boy membuka topik mengenai “Dampak Penting Kesehatan Plasenta Untuk Perjalanan Kehidupan Si Kecil” dengan  pertanyaan “apa itu plasenta?”. Jawaban umum dari para audiens adalah sebagai tempat makanan untuk janin. Iya betul sih, tapi ternyata fungsi plasenta nggak cuma membawa zat nutrisi dan oksigen ke janin tapi juga sebagai filter untuk membuang zat beracun, sebagai mekanisme imunologi janin, dan memproduksi hormon untuk perkembangan janin. Jadi buat para ibu hamil yang ditakut-takuti sama mitos “jangan makan pedes, nanti bayinya ikut kepedesan” dsb, jangan khawatir… Ternyata yang sampe ke janin semuanya udah difilter kok jadi yang baik-baik aja. Tapi yaa ibu hamil tetep harus jaga nutrisi yang seimbang juga yaa… Karena you are what your mother eat.

Selanjutnya dr. Herbowo menyampaikan topik mengenai Pengaruh Nutrisi Terhadap Pembentukan Sistem Saraf & Redflag Tumbuh Kembang Si Kecil. Pernah denger kalau IQ anak itu nurun dari ibu? Studi itu bener adanya lho… Tapi hanya 40% aja pengaruhnya. Sedangkan sisanya dipengaruhi faktor internal dan eksternal lainnya. Yang masuk dalam faktor internal yaitu genetik, ras, usia, dan jenis kelamin. Sedangkan yang masuk dalam  faktor eksternal yaitu nutrisi, penyakit, lingkungan, dan stimulasi. Nah, kalau untuk faktor internal kan udah given tuh… Yang masih bisa kita intervensi adalah yang faktor eksternal. Jadi kita harus jaga banget yang namanya nutrisi ya buibu, karena pembentukan otak anak dimulai sejak dalam kandungan. Ketika lahir, anak udah mencapai 50% volume otaknya. Akan bertambah menjadi 60% di usia 1 tahun, 80% di usia 2 tahun, dan 100% di usia 12 tahun.

prenagen

PRENAGEN Ahlinya Nutrisi Kehamilan dan Menyusui

Semua narasumber sepakat kalau nutrisi anak pada 1.000 hari pertamanya sangat penting dan moment itu nggak akan bisa diulang. Moment 1.000 hari pertama itu dimulai ketika anak masih dalam kandungan sampai dengan berusia dua tahun. Makanya PRENAGEN sebagai ahlinya nutrisi kehamilan dan menyusui udah memformulasikan kandungan nutrisinya khusus disesuaikan dengan kebutuhan ibu hamil dan menyusui. Kenapa harus minum susu? Penelitian yang diterbitkan European Journal of Clinical Nutrition dan dilakukan pada 809 ibu hamil menunjukkan bahwa ibu yang minum susu lebih dari 150 ml per hari selama kehamilan mempunyai anaka yang lebih tingggi saat remaja dibandingkan dengan anak yang lahir dari ibu yang konsumsi susunya kurang dari 150 ml selama masa kehamilan. (Hrolfsdottir, et al, 2013)

Lalu kenapa harus susu khusus ibu hamil? Karena susu khusus ibu hamil emang udah diformulasikan khusus sesuai kebutuhan nutrisi, diantaranya asam folat, zat besi, kalsium, vitamin D, inulin, kolin, protein, dan DHA. Sedangkan kandungan asam folat, zat besi, dan kalsium di fresh milk itu lebih sedikit. Inulin, kolin, dan DHA justru nggak ada di fresh milk. Selain susu, tentunya juga ibu hamil perlu mengkonsumsi bahan makanan lain untuk pemenuhan asupan nutrisinya.

andien ippe

Salah satu bintang tamu yang sekaligus jadi brand ambassador PRENAGEN, Andien ngasih sharing pengalamannya minum PRENAGEN sejak sebelum hamil, saat hamil, sampai saat menyusui sekarang ini. Iya, PRENAGEN punya range produk dari sejah sebelum hamil sampai menyusui, yaitu:

  • PRENAGEN esensis, nutrisi persiapan kehamilan. Buat apa? Kandungan zink/seng dan asam folat di dalamnya bisa mendukung kesuburan organ reproduksi. Sebagian besar kehamilan tabung baru diketahui setelah usianya 4 minggu, padahal saat itu saraf udah selesai terbentuk. Makanya konsumsi asam folat dianjurkan sejak 3 bulan sebelum kehamilan unutk mencegah NTD (Cacat Tabung Saraf).
  • PRENAGEN mommy emesis, nutrisi kehamilan untuk mengurangi mual dan muntah. Mual dan muntah di awal kehamilan yang berkelanjutan akan mempengaruhi asupan nutrisi ibu sehingga bisa mengganggu pertumbuhan dan perkembangan janin.
  • PRENAGEN mommy, nutrisi kehamilan yang mengandung asam fotal, mikroenkapsulasi zat besi, vitamin B12, kalsium, magnesium, fosfor, vitamin D, dan omega 3 & 6. Prenagen mommy ini juga punya kemasan UHT siap minum, biar lebih praktis.
  • PRENAGEN lactamom, nutrisi untuk ibu menyusui agar kualitas dan kuantitas ASI lebih optimal.
  • PRENAGEN juice, ini adalah produk terbaru dari PRENAGEN. Ada dua varian rasa, buah & sayur sama delima & anggur.

prenagen juice

Selain kecukupan nutrisi, pengetahuan seputar kehamilan juga sangat penting. Banyak buku, artikel online maupun offline, dan situs-situs yang udah menyediakan banyak informasi seputar kehamilan. Tapi di era digital seperti sekarang ini, mostly kita cari informasi ya di internet atau mobile apps. Itulah yang disadari juga oleh PT Cakra Radha Mustika untuk akhirnya membuat aplikasi HALLO BUMIL yang diluncurkan berbarengan pada acara PPEJ 2017 Jakarta kemarin. Dan KALBE NUTRITIONALS adalah sponsor utama APPS HALLO BUMIL. Btw HALLO BUMIL ini adalah nama baru untuk aplikasi sejenis sebelumnya yang bernama ILUVUBABY. Nama barunya lebih familiar dan gampang diinget ya? Kebiasaan kita kalau manggil orang hamil ya “halo bumil…”.

Dengan aplikasi HALLO BUMIL, kita bisa mendapatkan informasi mengenai perkembangan jani dari minggu ke minggu. Selain itu ibu juga bisa tau informasi nilai gizi dan nutrisi yang dibutuhkan sesuai dengan usia kehamilan. Kedua informasi itu masuk di Fitur Timeline Kehamilan. Ada juga Fitur Artikel  untuk membca informasi mengenai kebutuhan nutrisi ibu dan bayi sepanjang usia kehamilan. Salah satu yang bikin aplikasi ini menarik adalah tampilannya yang unik, di mana Si Kecil seakan-akan bicara kepada Bunda mengenai pertumbuhan dan perkembangan dirinya dari hari ke hari. Fitur Kontrol Kehamilan juga jadi salah satu fitur penting untuk memonitor kehamilan lewat berat badan mingguan. Waktu hamil buibu nambah berat badan berapa kg? Kalau saya sekitar 14 kg dan itu masih masuk normal. Karena kata dr. Boy penambahan berat badan ibu ketika hamil itu normalnya 10-15 kg. Oiya aplikasi HALLO BUMIL ini dapat diunduh di Playstore (buat yang pakai Android) atau di https://play.google.com/store/apps/details?id=crm.iluvubaby&hl=en .

aplikasi hallo bumil

Kemudian acara ditutup dengan senam PRENAFit bersama dan manequin challenge. Yuhuuu… kekinian!

senam prenafit

Nah itu dia keseruan dan beragam informasi yang saya dapet dari Prenagen Pregnancy Educational Journey (PPEJ) 2017 Jakarta. Buat yang di luar Jakarta, jangan sediiih… PPEJ juga mengadakan roadshow ke kota-kota lain di Indonesia. Yang udah kelewatan, mari kita tunggu PPEJ tahun depan 😉

Untuk informasi lebih lanjut:

Kunjungi website www.prenagen.com atau via social medianya:

Facebook: Prenagenworld, Twitter: @Prenagenworld, Instagram: @prenagenworld

logo prenagen               kalbe nutritionals

silvafauziah

Author: Silva

A long distance wife, working mom, and breastfeeding mother who's eager to learn more about raising a kid. Live today with passion and plan tomorrow with mission. Contact: silva.fauziah@gmail.com

2 thoughts on “Perjalanan Terbaik untuk yang Teristimewa Bersama Prenagen dan Hallo Bumil”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s