Kampanye “Saatnya Keluarga Minum Susu Sekarang”

saatnya keluarga minum susu sekarang

“Susu saya, susu bendera!”

Ada yang masih inget nggak sama jingle itu di salah satu iklan? Kalau saya masih terngiang-ngiang banget. Nah kan ketauan angkatan lawas :))

Minggu lalu, tepatnya tanggal 1 April, saya dan beberapa teman bloggers diundang di acara blogger gathering dalam rangka launching kampanye dari Frisian Flag Indonesia yang bertajuk “Saatnya Keluarga Minum Susu Sekarang!”. Acara yang digelar dari pagi sampai siang ini seru banget dan lokasinya PEWE lah… Setengah hari kami diceritain soal kampanye Frisian Flag ini serta talkshow dengan dokter spesialis gizi dan psikolog.

Ini dia lokasinya, yaitu Resto Kembang Kencur di daerah Pejaten, Jakarta Selatan.

resto kembang kencur pejaten
Pengen nyebur ke kolam aja nggak sih?
playroom
Ada juga playroom yang disiapkan khusus anak-anak yang ikut datang. 🙂

Kenapa sih susu baik untuk semua anggota keluarga?

Kalau yang kita udah banyak tau, yang pasti membantu anak tumbuh lebih tinggi dan membuat tulang lebih kuat. Tapiii susu juga membuat gigi, mata, rambut lebih sehat dan daya tahan tubuh lebih kuat. Lebih jauh, spesialis gizi klinik dr. Diana F. Suganda, Mkes, SpGK menjelaskan beragam manfaat susu dan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, diantaranya:

  • Makronutrien; yaitu nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar, seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Dalam susu sapi terkandung lemak dan protein yang penting untuk pertumbuhan otot, regenerasi, penyembuhan jaringan, dan perkembangan otak. Jadi perlu banget nih banyak asupan protein supaya mempercepat recovery pasca sakit dan nggak lemot ya kan…
  • Mikronutrien; yaitu nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah sedikit tapi memilliki peran yang sangat penting, diantaranya vitamin dan mineral. Dalam susu sapi mengandung vitamin D, vitamin A, omega 3, vitamin B12, dan kalsium yang nggak kalah penting untuk tubuh. Vitamin B12 yang mungkin nggak terlalu diperhatikan justru memegang peranan penting untuk membantu regenerasi atau pertumbuhan sel darah merah. Sel darah merah inilah yang mengantarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh bagian tubuh.
talkshow frisian flag
dr. Diana F. Suganda – Ajeng Raviando – Rio Saputra

dr. Diana menyampaikan data dari Badan Pusat Statistik tahun 2015, bahwa konsumsi susu di Indonesia masih sangat rendah jika dibandingkan dengan negera-negara Asia lainnya, yaitu hanya 12,1 liter per orang per tahun. Itu artinya dalam sebulan konsumsi rata-rata hanya 1 liter aja. Dikit banget ya? Kalau saya yang doyan susu ini sih 1 liter bisa abis dalam 2-4 hari. Belum lagi kandungan susu di makanan atau minuman olahan lain. Padahal segelas susu (kurang lebih 250ml) mengandung energi sebanyak 130 kkal dan menyediakan sekitar 20% kebutuhan gizi harian manusia lho… Sisanya dikejar dari makanan dan minuman lain. Kalau nggak minum susu kan ngejarnya makin jauh ya supaya kebutuhan gizi harian terpenuhi.

Kenapa kampanye minum susu harus melibatkan keluarga?

Karena minum susu itu tidak hanya dibutuhkan oleh anak-anak saja tapi juga orang dewasa. Dan kebiasaan minum susu harus ditumbuhkan dari keluarga, karena menurut psikolog Ajeng Raviando, Psi. lingkungan keluarga yang kondusif menjadi faktor penentu optimalisasi kebiasaan baik, termasuk kebiasaan baik untuk minum susu minimal satu gelas sehari. Paling gampangnya adalah dengan orang tua memberi contoh terlebih dahulu. Kebiasaan minum susu bareng keluarga ini juga bisa dijadikan moment “family talk” untuk mempererat bonding dalam keluarga.

Terkait kampanye “Saatnya Keluarga Minum Susu Sekarang!” ini, Rio Saputra sebagai junior brand manager Frisian Flag Indonesia menyampaikan salah satu aktivitas yang bisa dimanfaatkan bagi keluarga Indonesia, yaitu adanya nomor bebas pulsa (021) 2975 1355 untuk mendengarkan cerita dari para artis seperti Raffi Ahmad dan Ersa Mayori tentang kebiasaan mereka sekeluarga minum susu setiap hari. Selain itu, keluarga Indonesia juga bisa menceritakan kisah kebiasaan mereka minum susu kental manis gold Frisian Flag di rumah dan berkesempatan dikunjungi oleh artis idola.

Head of Prepared Beverages Frisian Flag Indonesia, Ibu Tanti
Head of Prepared Beverages Frisian Flag Indonesia, Ibu Tanti

Buat tadi yang masih inget jingle susu Frisian Flag yang dulu kita kenal dengan susu bendera, jangan sedih kalau ngerasa jadul alias jaman dulu. Karena Frisian Flag ini emang udah ada di Indonesia jauh sebelum orang tua kita lahir, yaitu sejak tahun 1922. Udah 95 tahun! Bahkan sebelum Indonesia merdeka, ternyata Frisian Flag ini udah ada ya… Nah, dalam 95 tahun ini Frisian Flag udah terus hadir dan berinovasi  baik dalam hal varian produk maupun tampilan produk.

Ngomongin soal tampilan produk, saya lega banget akhirnya susu kental manis Frisian Flag kemasan kaleng sekarang ada pembukanya. Dulu kan nggak ada tuh… Inget perjuangan tiap kali buka kaleng harus bolongin pakai pisau atau pake pembuka kaleng. Sekarang udah cingcay dibukanya…

susu kental mani kaleng Frisian Flag

Pas belum ada kemasan kaleng yang baru itu, saya seringnya beli yang kemasan pouch. Lebih gampang dibuka maupun ditutup lagi. Praktis bisa dibawa-bawa juga tanpa kuatir tumpah. Yaa asal nggak kegencet aja. 😀

susu kental manis frisian flag pouch

Udah selesai sharing dari para pembicara dan acara makan siang, dilanjutkan dengan pembagian doorprizes yang kece-kece banget. Ada blender, oven listrik, dll. Banyak bloggers yang dapet, tapi sayangnya belum jadi rezeki saya buat ikutan dapet. Selamat kepada temen-temen bloggers yang bawa pulang doorprizes yaa…

blogger gathering frisian flag

Yuk kita jadi bagian dari kampanye “Saatnya Keluarga Minum Susu Sekarang” demi keluarga Indonesia yang lebih sehat dan lebih kuat. Eh, boleh juga lho dicobain nomor telepon bebas pulsa tadi. Tenang aja, BEBAS PULSA kok. 😉

Terima kasih udah mampir ke blog saya. 🙂

silvafauziah

Author: Silva

A long distance wife, working mom, and breastfeeding mother who's eager to learn more about raising a kid. Live today with passion and plan tomorrow with mission. Contact: silva.fauziah@gmail.com

18 thoughts on “Kampanye “Saatnya Keluarga Minum Susu Sekarang””

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s