Review SHARP Ultrasonic Washer

sharp ultrasonic washerHari Sabtu kemarin saya ada janji meet up sama beberapa teman dekat untuk makan siang bareng. Pas udah siap dan tinggal cuss berangkat, eh pake acara lipstick jatuh ke baju. Lipstick-nya itu matte lip cream yang “megang” banget pigmentasinya dan kebetulan saya pakai baju putih. Lengkap sudah. Langsung panik karena nggak ada waktu lagi kalau harus ganti baju dan siap-siap lagi *cry* Terus saya inget kalau punya SHARP ultrasonic washer. Aha! Langsung deh saya beraksi dengan setengah ragu penuh harap itu noda lipstick bisa hilang. Iya, setengah ragu soalnya belum penah saya pakai untuk ngilangin noda lipstick bandel. Ternyata dalam waktu kurang dari 5 menit (lupa pastinya berapa), noda itu bener-bener hilang tak berbekas.

Saya sempet post di Instastory dan ada beberapa teman nanyain “Itu apaan? Kok mejik (magic) sih?” Yaudah jadinya saya review sekalian aja deh di sini… Kebetulan punya udah agak lama tapi belum pernah review. Apa sih SHARP ultrasonic washer? Ini adalah alat untuk menghilangkan noda dengan ledakan gelembung air energi tinggi yang dihasilkan dari 38.000 getaran ultrasonik per detiknya. Itulah kenapa namanya ultrasonic washer. Tapi jangan dibayangkan kalau getarannya itu dashyat sampai kita harus kenceng megangin alatnya pas dipakai ya… Nggak kayak gitu kok. Hehe… Dan sesuai penjelasan cara kerjanya tadi, alat ini akan berfungsi jika ada air. So, baju yang akan kita bersihkan harus direndem dulu atau dibasahin di bagian yang ada nodanya.

Ini foto kondisi baju yang saya pakai waktu Sabtu kemarin, sebelum dan sesudah dibersihkan dengan SHARP ultrasonic washer. Waktu itu selain saya basahin bagian yang kena lipstick, saya oleskan juga sabun mandi biar proses pembersihannya lebih cepat. Oiya baju tetap saya pakai, nggak saya lepas. Buru-buru shaay…

before after sharp ultrasonic washer
Bersih maksimal kan?

Berhubung eksperimen dadakan hari Sabtu sukses berat, keesokan harinya saya jadi penasaran mau eksperimen lagi dan dokumentasiin step by step nya. Kali ini tetep pakai baju putih (beda bahan) dan saya coba pakai Girlactik matte lip paint buat nodanya. Sengaja pakai Girlactik karena udah banyak yang tau kekuatan pigmentasinya.

noda lipstick
Swatch sambil deg-degan.

menghilangkan noda girlactikSetelah di-swatch, saya basahin bagian yang terkena noda dengan puff yang sudah direndem air. Puff dan puff case ini termasuk aksesoris bawaan SHARP ultrasonic washer. Saya juga tambahkan sabun mandi di bagian kain yang kena noda untuk mempercepat proses pembersihan.

cara kerja sharp ultrasonic washerKali ini agak lebih lama dibanding eksperimen hari Sabtu, tapi tetep kurang lebih 5 menit. Mungkin tergantung jenis bahan kain dan kekuatan noda ya… Kebetulan swatch Girlactik ini langsung saya basahin pakai air sebelum mengering. Jadinya agak bleber ke mana-mana. Meskipun demikian, hasilnya tetep nggak mengecewakan.

bukti ampuhnya sharp ultrasonic washerMasih agak ada bayangan noda pink di baju karena noda bleber dan rembesan puff yang udah kena noda lipstick.

puff sharp ultrasonic washerBagian plat besi di ujung alat SHARP ultrasonic washer juga nggak luput dari noda lipstick. Tapi ngilanginnnya gampang kok. Cukup dilap pakai tissue, nodanya udah ilang. Jangan lupa pas ngebersihin plat besinya, pastikan kondisi alat dalam keadaan mati ya… Karena kita nggak boleh pegang langsung plat besi dalam keadaan power ON. Bahaya.

plat besi sharp ultrasonic washerGimana, cucok kan? Nah, untuk spesifikasi alat ini sendiri, berikut detailnya:

  • Daya listrik menggunakan Ni-MH baterai isi ulang (kapasitas baterai 4.8V/900mAh).
  • Pengisian daya dilakukan dengan cara di-charge melalui kabel USB. Lima jam pengisian daya untuk penggunaan 30 menit (maksimal).
  • Frekuensi ultrasonik 38kHz.
  • Dimensi alatnya: panjang 168mm, lebar 40mmx40mm.
  • Berat produk sekitar 200g tanpa penutup.
  • Aksesoris bawaan: tas kain, puff case+puff, kabel USB, dan buku panduan.

Terus yang saya suka juga dari alat ini, desainnya stylish banget. Macam power bank kalau kata saya. Tapi ini lebih keliatan mewah. Bahan luarnya terbuat dari premium aluminium dengan tiga pilihan warna, sakura pink, satin silver, dan sahara gold. Kalau punya saya yang satin silver, soalnya keliatan paling mewah. Unisex juga, jadi once dipakai suami saya, tetep manly ;p

sharp-color
Cakep-cakep kan? (Gambar diambil dari http://www.sharp-indonesia.com)

Lalu harganya berapa? Sekitar bulan Desember 2016 lalu, harganya Rp 1.059.000,-. Belinya di mana? Di toko elektronik yang jual brand SHARP dan di beberapa e-commerce udah ada kok. Honestly lumayan mahal sih menurut saya, tapi worth it lah buat orang-orang macam saya yang agak clumsy tapi nggak PD pakai baju ada nodanya. Sering banget deh ntah kena kotoran debu/tanah, kuah makanan, sambel, lipstick, atau noda-noda lainnya. Udah gitu nggak bikin baju kusust karena nggak pake kucek-kucek. Oiya, alat ini juga nggak cuma bisa bersihin baju, tapi juga bisa buat bersihin sepatu kanvas, tas, dll. Tapi yang pasti nggak bisa dipakai buat ngebersihin bahan kulit.

Sekian review SHARP ultrasonic washer dari saya, mudah-mudahan cukup informatif buat yang kemarin pada penasaran dan nanyain.

Terima kasih sudah membaca blog saya. 🙂

silvafauziah

Author: Silva

A long distance wife, working mom, and breastfeeding mother who's eager to learn more about raising a kid. Live today with passion and plan tomorrow with mission. Contact: silva.fauziah@gmail.com

10 thoughts on “Review SHARP Ultrasonic Washer”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s