Membuat Konten Blog yang #EkspresikanDirimu

ekspresikan-dirimu-asus-intelSetelah bertahun-tahun suka mengunjungi (banyak) blog orang, setahun belakangan saya ikutan aktif nge-blog. Buat saya, blog adalah cerminan dari diri kita di dunia maya. Mulai dari pemilihan nama, tampilan, sampai dengan konten blog, semua itu bisa #EkspresikanDirimu lho… Saya suka banget mengamati cara orang-orang membuat tampilan blog-nya dan membaca kategori konten yang ditulis, kemudian menebak-nebak karakteristik dan selera seseorang. *sok cenayang* Selain itu, aktif menulis blog membuat saya merasa lebih produktif. Karena dibalik satu tulisan di blog, banyak proses yang terlibat di dalamnya. Dan proses tersebut tentunya nggak bisa dilepaskan dari peran sebuah laptop/PC.

ASUSPRO Notebook seri P2430

asus-p2430_black_-14Saya langsung mupeng pas baca spesifikasi notebook ASUSPRO P2430 ini. Dengan prosesor Intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 Processor, udah pasti laptop ini bisa diandalkan. Saya itu kebiasa multitasking, jadi kebayang nggak sih kalau lagi download attachment email sambil update blog, sambil browsing buat konten blog, sambil transfer foto dari kamera ke laptop, dan sambil yang lain-lain lagi, lalu laptop hang. Pasti langsung panic attack deh… Makanya prosesor yang ibaratnya jadi otaknya laptop harus canggih biar kuat memikul banyak tugas sekaligus.

Nggak cuma “otaknya” aja yang canggih, tampilannya juga stylish. Laptopnya tipis, berwarna gelap solid dengan tekstur brushed-hairline aluminum pada body notebook, dan yang menarik banget buat saya, beratnya nggak sampe 2 kg. Cingcay lah dibawa sehari-hari sama saya yang mungil ini. Dari dulu faktor berat laptop emang jadi pertimbangan saya milih laptop. Tapi hebatnya lagi, walaupun tipis, notebook ASUSPRO P2430 tetep dilengkapi driver optik (DVD room) lho… Plus TIGA slot USB. Bisa nancepin flash disk, port buat wireless mouse, dan charge HP sekaligus deh tuh. Dan ada card reader juga. Jadi kan gampang mindahin file foto dari kamera ke laptop. Pas banget sama spesifikasi yang saya cari.

Selain buat nge-blog, laptop juga akan banyak saya pakai untuk keperluan terkait pekerjaan dan hobi fotografi saya. Sehari-hari saya harus berkecimpung dengan materi iklan. Laptop yang handal juga diperlukan untuk running program editing materi iklan dan foto. Kalau prosesor nggak oke dan RAM kurang mumpuni, bisa hang berkali-kali deh laptopnya. *uhuk* Udah cukup kan pembenaran buat ganti laptop barunya? ;p Semoga suami saya baca postingan ini, Ya Allah.

Tips Membuat Konten Blog yang #EkspresikanDirimu

Karena saya sadar kalau blog-mu itu #EkspresikanDirimu, saya mikir pake banget waktu bikin tampilan maupun konten blog. Semuanya terencana walaupun kadang ide tulisannya spontan yang terlintas di kepala. Dari ide itu, kemudian dituangkan dalam bentuk tulisan. Saya selalu berusaha membuat tulisan yang terstruktur supaya enak dibacanya. Saya lumayan concern juga dengan kaidah penulisan yang benar walaupun nggak pake gaya bahasa sesuai KBBI banget. Setidaknya saya tau bedanya awalan sama kata depan. Hehe

Berikut beberapa tips dari saya dalam membuat konten blog yang #EkspresikanDirimu *sok ngasih tips kayak udah jago aja :))*:

  1. Sebelum membuat halaman blog, kita tentukan dulu “personal branding” yang akan kita bangun seperti apa. Apakah kita akan lebih banyak menulis tentang motherhood and parenting misalnya? Atau lebih ke gadget and techno? Atau beberapa topik sekaligus juga boleh-boleh aja, yang penting itu kita banget. Jadi blog yang kita bikin bisa jadi cerminan diri kita dan tentunya bisa menikmati jadi diri sendiri pada waktu menulis.
  2. Ide tulisan bisa dateng dari mana aja asalkan kita lebih peka dengan lingkungan di sekitar kita. Bisa dari pengalaman pribadi, pengalaman teman, atau hal-hal spontan yang kita lihat sehari-hari. Once ide muncul, langsung tulis di notes even cuma satu kalimat ataupun satu kata, biar nggak lupa. Coretan-coretan di notes ini akan jadi clue yang bisa ngebantu kita mengembangkan sebuah ide jadi tulisan.
  3. Memperbanyak wawasan kita dengan membaca, mendengar, maupun belajar banyak hal. Itu akan membantu kita dalam mengembangkan ide tulisan.
  4. Jangan segan untuk cari tahu hal-hal terkait ide tulisan kita. Bisa browsing, tanya expert, tanya teman, maupun riset kecil-kecilan untuk mendukung validitas konten tulisan kita.
  5. Last but not least, tulisan yang bagus juga perlu didukung visual yang bagus juga. Buat tampilan konten blog yang sesuai kepribadian kita namun juga enak dibaca. Maksudnya walaupun kita suka sesuatu yang colourful, tapi bukan berarti tulisan kita penuh warna-warni banget sampe pembacanya pusing. Kalau saya prefer make it simple and neat.

Soal konten visual, menurut saya itu krusial banget. Karena kalau secara visual udah enak dilihat, orang akan tertarik udah melihat keseluruhan konten. Makanya saya nggak ragu untuk invest peralatan yang mendukung saya bikin konten blog yang oke. Sejauh ini aplikasi editing foto yang ada di HP jadi penolong saya untuk edit foto secara praktis. Jepret pake kamera, transfer ke HP, edit, lalu post ke blog.

handphone-asus-zenfoneSetelah kesampean juga beli kamera idaman, wishlist selanjutnya adalah laptop handal, stylish, dan gampang dibawa ke mana aja. Nah, soal laptop handal, nama brand ASUS di kategori laptop/PC udah nggak perlu dipertanyakan lagi kredibilitasnya. Kalau saya tanya tentang rekomendasi laptop yang oke ke temen yang mumpuni dalam hal IT hardware, pasti brand dari perusahaan Taiwan ini kesebut sebagai merek laptop yang recommended.

Mari menabung buat beli laptop baru di tahun baru, biar bisa #EkspresikanDirimu dan taking your blog content to the next level with #ASUSINTEL 😉

Terima kasih sudah mampir ke blog saya…

*Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Asus yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Asus Indonesia.

logo_asus_isoi_intel-300x99signature-01

Author: Silva

A long distance wife, working mom, and breastfeeding mother who's eager to learn more about raising a kid. Live today with passion and plan tomorrow with mission. Contact: silva.fauziah@gmail.com

28 thoughts on “Membuat Konten Blog yang #EkspresikanDirimu”

    1. Kalau dilihat spesifikasi vs harganya, worth the price kok mba Dew… kamera, kapasitas, resolusi layar aku suka. Yang perlu improvement presisi touch screen nya kalau menurutku.

      Like

  1. 1 sampe 5 masih belum dipraktekkan dalam bikin postingan. Kadang bunda bikin postingan gak tau mau dikasih judul apa, kadang juga nemu judul duluan. Coba deh berkunjung ke blog bunda dan kasih komentarnya donk, bagaimana dengan kontennya, ya? Terima kasih.

    Like

    1. You’re welcom Mba Sari… Bisa aja menulis bidang apa aja tapi dari sudut pandang Mba Sari. Tiap orang bisa jadi punya sudut pandang beda2, jadi tulisan tetep unik 😉

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s