Must Have Items buat Para Ibu

Libur lebaran sudah usai, para pekerja dan anak sekolah sudah beraktivitas seperti biasa. Lalu apa oleh-oleh cerita liburannya? Well, angan-angan liburan tenang bahagia keluar kota dan berkuliner bubar jalan. Tau aja mumpung mamanya libur, Aqila menyandera mamanya. Hampir nggak mau lepas dari mamanya. Belum lagi ditambah bumbu batuk pilek sekeluarga. #pengsan

Haha… Tapi yaa namanya punya bayi atau anak kecil, memang harus udah siap banget menghadapi demam, batuk, pilek, sembelit, sama diare. Kayaknya penyakitnya emang nggak jauh-jauh dari itu kan ya? Berhubung saya sudah sering sharing sama ibu-ibu hebat di komunitas Gentle Birth, jadi saya sudah lebih siap dan nggak panik kalau dihadapkan situasi kayak tadi.

Jadi ibu memang harus siap jadi super hero di rumah. Seperti halnya super hero punya senjata atau jurus andalan, menurut saya ibu juga perlu punya senjata. Nah, ini saya coba share must have items versi saya yang bisa jadi senjata para ibu:

  • Thermometer! Ini paling super wajib banget. Soalnya kalau bayi kan belum bisa ngomong ya sakitnya apa. Nah, demam biasanya jadi indikasi kalau ada something’s wrong dalam tubuh kita. Kalau udah demam, kita para ibu mesti pay more attention. Waspada. Biasanya treatment yang saya lakukan adalah kasih ASI yang banyak, skin to skin dengan bayi, mandiin pakai air hangat, kompres air hangat di bagian lipatan-lipatan tubuh, dan dilute peppermint essential oil di telapak kaki bayi.
  • Transpulmin BB. Ini sejenis balsem. Ingat, yang buat bayi itu yang ada tambahan BB-nya ya di kemasan Transpulmin. Kalau bayi lagi batuk pilek, saya oles Transpulmin di dada dan punggungnya supaya bisa bernapas lebih enak dan badan hangat. Selain itu bayi juga saya jemur (pagi hari) dan home treatment pakai uap air panas buat ngeluarin lendir di saluran pernapasan. Biasanya saya juga diffuse atau dilute R.C. essential oil.
  • Breathy. Isinya cairan salin. Ini saya pakai kalau Aqila pileknya sampai bikin hidung mampet. Tetesin ke cotton bud, terus oles ke permukaan lubang hidung bagian dalam. Fungsinya buat mengencerkan ingus, jadi hidung nggak mampet.
  • Boogie wipes. Ini fungsi dan kandungannya sama kayak Breathy, tapi bentuknya tissue basah. Jadi bisa sekalian buat lap ingusnya. Hehe
  • Sudocream. Krim ini ajaib banget. Serbaguna. Bisa buat ngobatin berbagai masalah kulit mulai dari gigitan serangga, diaper rash, lebam, luka, apa aja deh… Buat jerawat juga bisa. Wajib banget punya. Saya beli satu tube dan sampai sekarang belum abis-abis karena krimnya thick banget. Jadi pakenya dikit-dikit.
  • Selain alat tempur di atas, obat-obatan basic dan wajib yang harus siap di rumah diantaranya paracetamol (pastikan yang aman buat bayi), lacto-b (suplemen kalau anak diare atau ada masalah pencernaan lain), dan obat pencahar.

IMG_1287Dari tadi merhatiin nggak kalau saya beberapa kali mention soal essential oil? Iya, saya lagi gandrung banget sama esstential oil, terutama Young Living. Mulai dikenalin dari tahun lalu dan sekarang ini jadi must have items buat saya karena manfaatnya banyak. Nanti saya akan bahas lebih detail lagi soal Young Living essential oil di post berikutnya yaa….

IMG_1285

Author: Silva

A long distance wife, working mom, and breastfeeding mother who's eager to learn more about raising a kid. Live today with passion and plan tomorrow with mission. Contact: silva.fauziah@gmail.com

2 thoughts on “Must Have Items buat Para Ibu”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s