Aqila’s First Flight

IMG_0888Sebelumnya mau sungkem dulu karena absen lama dan mau #latepost *grin*

Jadi setelah excitement selama sebulan sebelum akhirnya berhasil travelling sama Aqila naik pesawat untuk pertama kalinya, awal bulan April kemarin kami pergi ke Jogja! Saya sih yang seneng banget. Karena buat saya, Jogja itu istimewa. Sejak hamil Aqila, ini kali pertama ke Jogja lagi.

Sebelum pergi travelling, ini list baby gear yang saya siapkan:

• Baby diaper bag. Saya sengaja bawa yang agak besar tapi masih ok untuk dibawa ke kabin. Isinya mulai dari pakaian, changing pad, diaper, obat-obatan, toiletries Aqila, sampai cemilan. Saya pakai Okiedog karena materialnya kuat, ada changing pad dan insulated pocket-nya.
  • Cabin stroller. Stroller pilihan saya untuk travelling kali ini, Kiddopotamus. Pernah saya bahas di post sebelumnya.
  • Baby carrier. Walaupun sudah bawa stroller, saya tetap sedia baby carrier. Kenapa? Karena ada kalanya Aqila lebih suka saya gendong daripada duduk di stroller atau di situasi yang tidak memungkinkan pakai stroller. Ergobaby 360 jadi andalan saya kalau bepergian sama Aqila. Nyaman banget, nggak kerasa berat gendong Aqila seharian. Aqila-nya juga nyaman, bisa sampai ketiduran nyenyak lamaa…
  • Earmuff. Nah buat earmuff ini saya sempet galau. Soalnya berdasarkan cari info sana sini, EMS earmuff nampaknya pilihan terbaik dari segi fiturnya. Tapi harganya lumayan mahal dan saya ragu Aqila bakal betah pakainya. Jangankan earmuff, bandana atau topi saja selalu dilepas sama Aqila. Akhirnya saya memutuskan untuk sewa saja (di @mommacare.id) sekaligus uji coba dulu. Dan benar, harus nunggu Aqila tidur dulu baru berhasil pasang earmuff-nya.
  • Baby food maker. Seninya bawa travelling bayi yang lagi MPASI ya ini, mesti siap alat tempur MPASI. Saya tidak bawa banyak peralatan, hanya baby food maker Pigeon dan satu set alat makan saja karena sudah berencana katering MPASI di Jogja.

Selain baby gear di atas dan tentunya pakaian ganti yang memadai, saya juga survey mengenai katering MPASI di Jogja. Nggak lama survey katering, langsung nemu @bebinutri_jogja di instagram. Yeaayy…. Enak banget deh sekarang, udah mulai banyak katering MPASI di beberapa kota. Tiap paginya katering ini nganterin menu makan selama 1 hari ke hotel.

Lalu apa tips travelling naik pesawat dengan bayi? Berikut tips dari saya berdasarkan pengalaman kemarin:

• Pertama, pastikan kita sudah sedia alat tempur yang lengkap dan mudah kita akses kapanpun (jangan masuk bagasi pesawat).
  • Sebelum berangkat, sudah jauh hari kita komunikasikan ke bayi kita bahwa kita akan bepergian. Jangan dikira bayi nggak paham ya… Mereka bisa ngerti kok kalau kita berikan afirmasi bahwa “kita nanti akan bepergian, nanti bantu mama ya… Nggak boleh rewel, tetap kooperatif ya….”.
  • Pilih jam penerbangan di waktu tidur bayi. Saya pilih waktu tidur siang Aqila (sebelum jam 12). Ketika mendarat, pas waktunya Aqila langsung makan siang. Jadi tidak mengganggu jadwal rutin Aqila.
  • Sebelum naik ke pesawat, saya sengaja tidak memberikan Aqila ASI. Di boarding room saya ajak Aqila main-main supaya tidak tidur. Ketika sudah masuk pesawat dan akan take off, baru saya berikan ASI. Jadi kondisi Aqila sudah capek main-main, minum ASI, dan jam tidur. Tidur pulaaas sampai mendarat di Jogja. Baru bangun waktu perjalanan dari bandara ke hotel, sampai hotel langsung makan siang. Demikian juga waktu penerbangan kembali ke Jakarta. Tapi waktu kembali ke Jakarta, Aqila tidak mau tidur di pesawat walaupun saya kasih ASI waktu take off. Dia malah ngajak main terus sepanjang perjalanan. Baru mau tidur waktu mau landing. Pulas sampai mendarat dan tiba di rumah baru bangun terus makan sore.

So, Aqila’s first flight was going well. Nggak ada drama tangisan bayi di bandara maupun di pesawat. Alhamdulillah…. Good job, Aqila! 🙂

Author: Silva

A long distance wife, working mom, and breastfeeding mother who's eager to learn more about raising a kid. Live today with passion and plan tomorrow with mission. Contact: silva.fauziah@gmail.com

1 thought on “Aqila’s First Flight”