Cerita MPASI Perdana Aqila

Akhirnya saat yang ditunggu-tunggu tiba, MPASI Aqila. Sebelumnya saya sudah super excited dan heboh siapain alat tempur plus susun menu Aqila dalam sebulan. Tiga bulan bahkan. Tapi memang benar adanya bahwa pemberian MPASI itu sifatnya responsif. Belum tentu semulus rencana menu awal karena mempertimbangkan respon Aqila saat dan setelah makan.

Selain guidelines pemberian MPASI bayi 6 bulan, hal-hal apa saja yang saya perhatikan? Pertama, respon Aqila ketika makan. Apakah antusias atau tidak dan makanannya habis atau tidak. Ini yang jadi acuan saya untuk pemberian menu makanan berikutnya. Bukan berarti saya hanya akan memberikan makanan yang Aqila suka ya, tapi lebih kepada mengolahnya dengan cara yang berbeda atau mencari alternatif lain dengan kandungan nutrisi serupa. Kedua, reaksi Aqila setelah makan. Apakah terjadi alergi atau tidak dan bagaimana frekuensi serta konsistensi (tekstur encer-normal-keras) poop Aqila. Nah baru kali ini nih aktivitas mengamati wujud e’ek menjadi penting dan mendebarkan. Haha

Lalu bagaimana pengalaman MPASI perdana Aqila ini? Alhamdulillah sejauh ini tidak ada kendala berarti. Pengalaman MPASI Aqila yang sudah bisa saya catat adalah:

  • Timing itu nomor satu. Kalau Aqila belum lapar karena abis minum ASI atau kalau Aqila ngantuk, dadah bye bye deh kalau disuruh makan.
  • Aqila kurang begitu suka beras merah, lebih suka beras putih.
  • Aqila tidak suka tekstur encer. Hanya seminggu pertama Aqila mau makan bubur saring yang encer. Selebihnya kental/semi padat. Soal tekstur ini ternyata sangat krusial. Saya sempat sedih waktu Aqila mlengos setelah 1-2 suap yang berujung hanya makan sedikit. Ternyata karena TEKSTUR! Setelah dinaikkan teksturnya, akhirnya lahap lagi makannya.
  • Karena tidak suka tekstur yang terlalu lembut, mungkin itulah kenapa Aqila tidak suka tepung Gasol.
  • Aqila suka yang manis-manis. (Yaiyalaah mamanya apalagi :p) Hampir semua buah yang diberikan, dia suka. Kalau sayur yang dia suka wortel dan labu. Zukini, lobak, jagung manis juga suka. Tapi kalau brokoli dan bayam kadang mau kadang tidak.

Tapi overall, saya sangat bersyukur Aqila sangat kooperatif buat saya mama yang bekerja. Tidak pernah rewel dan sakit yang mengkhawatirkan (so far pernah flu ringan 2 hari dan agak diare 2 hari). Alhamdulillah…. Semoga kita sehat terus ya nak…:*

Mari kita jelajahi pengalaman MPASI bulan ketujuh! 🙂

my 7 mo Aqila
my 7 mo Aqila

Author: Silva

A long distance wife, working mom, and breastfeeding mother who's eager to learn more about raising a kid. Live today with passion and plan tomorrow with mission. Contact: silva.fauziah@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s